Selayang Pandang Arsitektur

Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Indonesia (ITI) adalah Lembaga Pendidikan Teknik yang berada di bawah Yayasan Pengembang Teknologi Indonesia (YPTI).
Sejak didirikan tahun 1984, Program Studi Arsitektur  telah menghasilkan ratusan alumni yang telah tersebar bekerja di berbagai bidang seperti : industri, jasa konstruksi/ kontraktor, konsultan perencana, interior, eksterior, pengembang/ developer pemerintahan dan perusahaan swasta lainnya.
Di dalam era globalisasi saat ini, Program Studi Arsitektur dengan dukungan studio dan laboratoriumnya, menyiapkan diri untuk menghasilkan tenaga lulusan Strata Satu (S1) yang produktif, professional, berwawasan luas dalam penguasaan ilmu dan teknologi serta kompetitif dalam persaingan perdagangan bebas.

Visi

Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Indonesia, yang berlokasi di Serpong, Tangerang Selatan, sebagai lembaga pembelajaran dan pengembangan ilmu Arsitektur, yang berwawasan  lingkungan  tropis,  berprilaku  profesional,  berbasis  ilmu pengetahuan dan teknologi, berjiwa kewirausahaan, beradab dan berbudaya, serta mampu menjawab tantangan jaman selama kurun waktu dua puluh tahun.

Misi

Program Studi Arsitektur Institut Teknologi Indonesia, memiliki misi untuk mengembangkan ilmu perencanaan, desain bangunan dan lingkungan yang bercirikan tropis lembab, kreatif, inovatif (basis kewirausahaan), melalui :
  • Penyelenggaraan  pengajaran   ilmu   Arsitektur,   yang   didistribusikan   dalam   8 (delapan) semester dan dikelompokan atas 3 (tiga) kelompok bidang keilmuan (KBK Perancangan Arsitektur, KBK Teknologi Bangunan dan KBK Permukiman dan Perkotaan).
  • Penyelenggaraan kegiatan penelitian dalam bidang Arsitektur, baik yang bersifat laboratoris maupun lapangan.
  • Penyelenggaraan kegiatan pelayanan kepakaran dan pengabdian masyarakat untuk memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan terbangun, yang menjunjung nilai-nilai keragaman budaya.

Tujuan Program Studi

Menghasilkan  sarjana  di  bidang  arsitektur  yang  memiliki  tanggung  jawab  dan integritas dalam penanganan pengembangan mutu lingkungan ruang arsitektur melalui penyelesaian masalah Tata Bangunan, Tata Lingkungan Perkotaan, Tata Lingkungan Permukiman dan Tata Pengelolaan (Usaha dan Pembangunan) dengan memperhatikan lingkungan tropis lembab, yang dapat ditempuh dalam kurun waktu empat tahun, dengan menyelesaikan minimum 144 sks, sesuai dengan masa studi, setelah menempuh kegiatan utama dalam bentuk :
  • Keikutsertaan dalam proses pengajaran Ilmu Arsitektur, mahasiswa dididik dengan kurikulum berbasis kompetensi baik dalam bentuk perkuliahan teori di kelas, maupun praktikum, yang dapat memberi pengetahuan praktis berdasarkan modul- modul yang lengkap.
  • Keikutsertaan dalam  kegiatan  penelitian  dalam  bidang  Arsitektur,  yang  dapat memberi modal tambahan bagi mahasiswa untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang fenomena bangunan dan lingkungan serta metode, untuk memodifikasi fenomena tersebut bagi kepentingan manusia dan alam sekitarnya.
  • Keikutsertaan dalam  kegiatan  pelayanan  kepakaran  dan  pengabdian  masyarakat agar mahasiswa dapat mempelajari perencanaan dan perancangan arsitektur yang memberi manfaat bagi para mahasiswa, sivitas akademika lain, dan masyarakat.